WELCOME !! Thanks for coming to my blog (≧∀≦) Enjoy your reading here and don't forget to leave your comments if there is something to say but DON'T SPAM !! Thanks for the attention. Have A Nice Day! (ʃƪ˘˘ﻬ) ~♥ Salam Blogger ♪☆\(^0^\) ♪(/^-^)/☆♪
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Minggu, 13 Januari 2013

Kesehatan : TIPS PERTOLONGAN PERTAMA PADA PENDERITA STROKE

Waspadai Stroke
Stroke, menurut WHO, adalah gejala-gejala defisit fungsi susunan saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak.

Stroke sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu stroke iskemik dan hemorragik. Pada stroke iskemik, aliran darah ke otak terhenti karena aterosklerosis (penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah) atau bekuan darah yang telah menyumbat suatu pembuluh darah ke otak. Sementara itu, pada stroke hemorragik, pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah yang normal dan darah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan merusaknya.

Penyebab stroke bisa bermacam-macam. Stroke bisa terjadi jika suatu peradangan atau infeksi menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang menuju otak atau penurunan tekanan darah yang tiba-tiba sehingga mengurangi aliran darah ke otak, biasanya menyebabkan seseorang pingsan.

Nah, kalau sudah begitu... bagaimana cara mengatasinya?? Ikuti langkah-langkahnya dari tips berikut ini :


Tips Pertolongan Pertama Pada Penderita Stroke

  1. Jangan dipindahkan! Memindahkan penderita dari tempat semula akan mempercepat pecahannya pembuluh darah halus di otak. Cukup bantu penderita mengambil posisi duduk agar tidak terjatuh lagi.
  2. Tusuk ujung-ujung jari dengan jarum. Yang terbaik gunakan jarum suntik. Tapi, bila tidak ada, gunakan jarum jahit atau jarum pentul yang sudah disterilkan dengan cara dibakar. Tusuk 10 ujung jari tangan. Titik penusukan kira-kira 1 mm dari ujung kuku. Diharapkan 1 tetes darah keluar dari ujung jari. Jika tidak keluar, tekan jari-jari tersebut. Dalam jangka waktu 10 menit, penderita akan sadar kembali.
  3. Tarik-tarik dan tusuk daun telinga. Jika mulut penderita tampak tidak normal atau mencong, tarik-tarik kedua daun telinga penderita sampai berwarna kemerahan. Lalu, lakukan 2 kali penusukan pada ujung bawah daun telinga sehingga darah keluar sebanyak 2 tetes di setiap daun telinga. Dalam beberapa menit, mulut penderita akan kembali normal.
  4. Cari pertolongan medis. Setelah keadan penderita memulih, cari pertolongan medis. Bawa penderita ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapat tindakan lebih lanjut. Ingat ”Golden Six Hours” yaitu sebelum 6 jam dihitung sejak serangan, penderita stroke sudah harus mendapat pertolongan medis.
Semoga bermanfaat... ^^ 

9 komentar:

  1. terimakasih atas informasinya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. informasi yang menarik,dan bermanfaat.
    mkasih gan

    BalasHapus
  3. terimakasih atas informasinya,,
    bermanfaat banget

    BalasHapus
  4. senang sekali berkunjung ke blog ini banyak artikel yang sangat bermanfaat lanjutkan terus karya karya yang lain nya gan

    BalasHapus
  5. Trimakasih Info Sehatnya.. sangat bermanfaat.... ditunggu update2 selanjutnya.. salam dari Jogja

    BalasHapus
  6. terima kasih informasinya jadi mulai harus perduli dengan kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  7. BErmanfaat sekali informasinya, terma kasih min

    BalasHapus