WELCOME !! Thanks for coming to my blog (≧∀≦) Enjoy your reading here and don't forget to leave your comments if there is something to say but DON'T SPAM !! Thanks for the attention. Have A Nice Day! (ʃƪ˘˘ﻬ) ~♥ Salam Blogger ♪☆\(^0^\) ♪(/^-^)/☆♪
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Kamis, 17 Januari 2013

Kesehatan : KENALI KANKER LIDAH SEJAK DINI

Waspadai kanker lidah
Setelah kejadian meninggalnya artis cantik FTV Cecillia Putty Vikend waktu lalu yang disebabkan oleh kanker lidah maka sekarang perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan kanker lidah dan faktor gejala yang ditimbulkan apabila mengindap kanker lidah sendiri dan bagaimana pengobatan dari kanker lidah, untuk itu perlu kejelasan dan perlu kewaspadaan yang ekstra untuk mengetahui kanker ganas ini. Karena penyakit kanker lidah ini tidak bisa di anggap remeh sebab telah terbukti dengan keganasannya telah membunuh artis belia tersebut. 
Cecillia Putty Vikend


Apa yang dimaksud dengan kanker lidah ?
 
Kanker lidah adalah kanker yang menyerang bagian area mulut dan tenggorokan. Tak semua orang paham mengenai kanker ini, begitu juga dengan gejala awalnya. Inilah yang terjadi pada aktris 26 tahun itu.

Gejala paling umum dari penyakit ganas ini adalah sariawan di lidah yang tak kunjung sembuh
hal ini menyadarkan kita agar tak menyepelekan penyakit yang satu itu. Setelah cukup lama, akan timbul benjolan di luka disertai rasa nyeri ketika mengunyah dan berbicara.
Sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, pria perokok berisiko tinggi terkena kanker lidah. Kendati demikian wanita juga bisa mengalaminya. Sejumlah ahli medis meyakini luka dan infeksi di lidah dapat memicu terjadinya kanker lidah.

Gejala kanker lidah tak jauh beda dengan sariawan. Bila sariawan biasa, daerah sekitar sariawan bila diraba akan terasa lunak, namun pada kasus kanker lidah, daerah sekitar luka mengeras.
 Pada kanker lidah, rasa sakit akan menjalar dari leher menuju telinga. Pergerakan lidah juga terasa kaku dan sakit saat menelan.

 
Melansir Cancersearchug.org, jenis kanker lidah dapat digolongkan menjadi beberapa jenis yaitu Squamous Cell Carcinoma (SCCA). Sel squamous memiliki bentuk datar, dan teksturnya menyerupai kulit yang menyelimuti bagian sekitar mulut, hidung, larynx, thyroid dan tenggorokan. Squamous Cell Carcinoma adalah nama yang diberikan untuk kanker yang diawali oleh sel-sel tersebut.

Kanker lidah
Berikut ini adalah tanda kanker lidah lainnya yang harus diwaspdai :
1. Munculnya bercak berwarna merah atau putih pada lidah yang tak juga sembuh dalam waktu lama.
2. Radang tenggorokan yang tak kunjung sembuh
3. Radang atau timbulnya sariawan di lidah secara terus menerus
4. Rasa nyeri saat mengunyah makanan
5. Mulu terus menerus mengalami mati rasa
6. Lidah mengalami pendarahan tanpa sebab
7. Rasa nyeri di telinga.
Faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena kanker lidah yang dikutip dari Wikipedia.org, sebagai berikut :
1. Suka minum - minuman beralkohol dan perokok tembakau
2. Sering melakukan oral sex
3. Mempunyai penyakit genetik anemia

Perawatan dan pengobatan

Jika Anda merasakan salah satu gejala di atas, sebaiknya Anda berkunjung ke dokter untuk melakukan diagnosis awal. Perawatan penderita kanker lidah disesuaikan dengan ukuran dan perluasan area kanker, apakah kanker telah menyebar ke limph nodes di leher atau belum. Dalam kondisi ini pasien dapat menjalani pengobatan dengan cara operasi, radiotherapy, dan chemotherapy.

Perawatan terbaik untuk kanker lidah yang kecil adalah dengan operasi. Sedangkan untuk tumor besar yang sudah menyebar ke lymph nodes di leher, Anda harus melakukan kombinasi operasi dan radioterapi.

Hal ini ditujukan untuk mengangkat kanker dari lidah dan lymph nodes di leher Anda. Operasi pengangkatan lymph nodes di leher ini juga disebut dengan Neck dissection. Selanjutnya, untuk mencegah pertumbuhan kanker kembali perlu dilakukan radioterapi. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sel-sel kanker yang tersedia.

Jika kanker telah tumbuh cukup besar, kemungkinan pasien harus segera dioperasi untuk menghilangkan sebagian atau seluruh lidah (glossectomy).
Untuk mencegah terjadinya kanker ini, rajinlah menjaga kebersihan mulut dan gigi; hindari merokok; hindari minuman beralkohol; melakukan pemeriksaan rutin tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi dan sering gosok gigi dapat menangkal terjadinya kanker tersebut. 

Jika Anda merasa sudah mendapatkan tanda-tanda itu alangkah baiknya Anda segera periksakan ke dokter THT. Kanker lidah dapat diobati jika masih stadium awal. Nah itulah info yang saya berikan tentang kanker lidah, semoga dengan saya berikan info ini masyarakat indonesia bisa lebih berhati-hati dan lebih waspada dengan kanker lidah. Terutama bagi Anda yang gemar merokok sebaiknya berhenti mulai dari sekarang. Merokok tidak ada untungnya lagi selain menyebabkan kanker paru-paru merokok juga dapat menyebabkan kanker lidah nah, mulai dari sekarang marilah kita sadar akan diri sendiri dan mulai menyayangi badan kita sendiri. (*BS)

4 komentar:

  1. Infonya bagus gan, banyak manfaatnya.Terimakasih banyak admin

    BalasHapus
  2. artikenya bermanfaat,,,untuk saya.
    terimakasih

    BalasHapus
  3. thanks infonya gan
    saya tunggu info lainnya

    BalasHapus
  4. Bosq sayang...
    Yuk coba bergabung dengan kami di ROYALQQ.POKER
    hanya dengan minimal deposit Rp. 15.000,-
    Bosq sudah bisa bermain di semua jenis games populer ^^

    Proses deposit dan WD super cepat hanya 1 menit!

    BalasHapus