WELCOME !! Thanks for coming to my blog (≧∀≦) Enjoy your reading here and don't forget to leave your comments if there is something to say but DON'T SPAM !! Thanks for the attention. Have A Nice Day! (ʃƪ˘˘ﻬ) ~♥ Salam Blogger ♪☆\(^0^\) ♪(/^-^)/☆♪
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Rabu, 28 November 2012

Info Sehat : MENGENALI MANFAAT BUAH DAN SAYURAN DILIHAT DARI WARNANYA

Warna pada buah dan sayuran memiliki arti tersendiri bagi kesehatan. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan berikut ini :


Mengenali Manfaat Buah & Sayuran Dilihat Dari Warnanya

1. Oranye dan kuning : Untuk penampilan yang baik, jantung sehat, dan anti-dingin.

Wortel, melon, mangga dan ubi jalar kaya akan karotenoid. Karotenoid memberi perlindungan kepada tubuh dari serangan radikal bebas, membantu mensintesis melanin agar kulit menjadi kecokelatan secara alami, melawan penyakit jantung, memiliki sifat anti-kanker, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Hijau : Anti serangan jantung, anti-Alzheimer, dan baik untuk mata

Bayam, alpukat, brokoli, zucchini, selada, kacang polong dan kiwi mengandung lutéline dan zeaxanthin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk kesehatan mata, melindungi retina dengan cara menghindari degenerasi makula (penurunan luas retina yang menyebabkan penglihatan kabur). Sebuah studi dari INSERM (Institut National de la Santé et de la Recherche Médicale atau Badan Penelitian Kesehatan dan Medis) di Prancis menyatakan bahwa zeaxanthin berperan dalam mencegah, memperlambat, atau mengurangi penurunan kognitif otak dan penuaan otak serta mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer. Lutéline dan zeaxanthin juga mengurangi risiko serangan jantung sebesar 11 persen, menurut National Cancer Institute di Amerika Serikat.

3. Putih : Anti kolesterol, baik untuk sirkulasi darah.

Kembang kol, pisang, jamur dan kentang kaya akan anthoxanthins. Nutrisi ini membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, mencegah atau mengurangi risiko kanker perut, memperkuat pertahanan kekebalan tubuh (karena mengandung beta-glukan). Salah satu umbi-umbian berwarna putih, yaitu bawang mengandung antioksidan yang sangat kuat.

4. Merah : Antioksidan, anti kanker.

Stroberi, buah delima, radish, tomat, semangka, ceri, paprika, anggur dan kubis merah kaya akan likopen, yaitu zat yang mampu mengurangi risiko kanker, termasuk kanker prostat. Makanan merah umumnya juga kaya akan antioksidan, molekul yang memerangi penuaan.

5. Ungu dan hitam : Anti kanker, anti-inflamasi, anti penyakit jantung.

Beri hitam, kismis, buah ara, plum dan terong memiliki banyak manfaat. Mereka dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah studi oleh University of Manchester mengemukakan bahwa beri hitam dapat membantu memerangi penyakit multiple sclerosis, Alzheimer dan parkinson serta membuat kita terlihat awet muda.


Si Merah Kaya Manfaat

Merah yang bermanfaat



Buah hadir dengan berbagai pilihan warna. Dan warna tersebut merupakan tanda kandungan gizi dan manfaat yang ada pada buah tertentu. Contohnya; seperti yang saya jelaskan di tulisan diatas tadi, warna merah dari tomat dan daging semangka muncul berkat kandungan likopen yang terdapat di dalamnya.


Likopen merupakan senyawa fitokimia yang bersifat antioksidan sehingga dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Tidak berhenti sampai di sana saja, likopen juga terbukti mampu mencegah osteoporosis, meningkatkan gairah seksual, membantu mengendalikan kadar gula darah, dan mengurangi akibat buruk dari nikotin.


Yukk.. lihat buah berwarna merah apa saja yang kaya akan kandungan gizi ?

1. Semangka
Makan semangka setiap hari baik bagi kesehatan Anda. Vitamin dan mineral di dalamnya menguatkan sistem imun sekaligus menjaga kesehatan kardiovaskular.

2. Delima
Sudah banyak produk makanan atau minuman berbahan delima yang ditawarkan di pasaran. Namun memakan buahnya langsung lebih ampuh membentuk pembuluh darah. Sebab di dalam delima kaya akan magnesium, kalium, dan antioksidan.

3. Cherry
Buah cherry mengandung senyawa khusus yang ampuh mengurangi nyeri pada tubuh. Cherry juga sahabat baik penderita insomnia. Selain itu, cherry pun kaya akan vitamin dan berbagai mineral.

4. Anggur merah
Selain kaya akan antioksidan, anggur merah juga mengandung vitamin C yang baik bagi jantung karena ampuh mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

5. Tomat
Suka tomat? Ada kabar baik bagi Anda. Sebab sayuran yang satu ini mengandung beta-carotene yang berkhasiat melawan penyakit kanker. Tomat juga bisa membantu menurunkan berat badan.

6. Raspberry
Sedang berusaha menurunkan berat badan? Jika iya, jangan malas makan buah raspberry. Selain itu, si merah yang satu ini juga baik bagi kesehatan mata.

7. Cabai merah
Pecinta pedas patut berbahagia. Sebab cabai merah besar memiliki khasiat menurunkan lemak jenuh dan kolesterol. Jantung pun lebih sehat karena mengonsumsi rempah yang satu ini.

8. Strawberry
Keluarga buah berry memang semuanya lezat dan bernutrisi, termasuk strawberry. Anda pun bisa menurunkan tekanan darah tinggi, meredakan radang sendi, dan mencegah penyakit usus serta jantung dengan makan strawberry setiap hari.

9. Bit
Bit mungkin cukup sulit dicari. Namun jika menemukannya, jangan ragu untuk makan si merah ini. Sebab di dalamnya mengandung serat dan vitamin C tinggi.

10. Cranberry
Cranberry juga biasa disebut dengan superfood buah merah. Kenapa? Di dalamnya mengandung vitamin A dan K yang dibutuhkan oleh tubuh.

11. Apel
Selain kaya akan flavonoid yang melindungi tubuh dari radikal bebas, buah apel menguatkan sistem imun dan ampuh melawan kanker. Pastikan buah apel yang Anda makan warnanya merah ya..

12. Jambu merah
Jambu batu yang memiliki daging berwarna merah memiliki kandungan likopen yang tinggi. Selain itu, buah bertekstur renyah ini kaya akan vitamin A dan C, asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Kandungan serat yang juga tinggi membuat jambu merah menjadi camilan yang mengenyangkan.

13. Terong belanda
Bingung memikirkan cara mengonsumsi buah merah ini? Terong belanda mentah bisa diolah menjadi acar, bahan kari, dan sambal. Jika sudah matang, buah ini bisa dijadikan sirup, selai, jus, rujak, hiasan es krim, atau buah campuran salad. Buah yang tumbuh di daerah bersuhu dingin ini mengandung pro-vitamin A yang baik bagi kesehatan mata, dan vitamin C untuk mengobati sariawan dan mejaga sistem imun. Tinggi serat dalam terong belanda mampu meredam risiko kanker pancernaan dan sembelit. Terong belanda kaya akan antosianin yang termasuk dalam zat antioksidan golongan flavonoid.

14. Buah naga merah
Buah naga yang dagingnya berwarna merah kaya akan potasium, ferum, protein, serat dan kalsium. Kandungan vitamin dan mineralnya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme tubuh. Berbagai penelitian menemukan buah satu ini sangat baik untuk sistem peredaran darah dengan mengurangi tekanan dan menetralkan toksin. Warna merah menunjukkan kandungan karotena yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan memelihara fungsi otak.

Nah... itulah makanan berwarna merah yang wajib Anda konsumsi setiap hari. Namun ingat, jangan berlebihan dalam menikmatinya. Sebab segala sesuatu yang berlebihan pasti juga berakibat buruk bagi kesehatan.(*BS)

8 komentar: