WELCOME !! Thanks for coming to my blog (≧∀≦) Enjoy your reading here and don't forget to leave your comments if there is something to say but DON'T SPAM !! Thanks for the attention. Have A Nice Day! (ʃƪ˘˘ﻬ) ~♥ Salam Blogger ♪☆\(^0^\) ♪(/^-^)/☆♪
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sabtu, 19 Januari 2013

Tutorial Blogger : PANDUAN MEMBUAT BLOG GRATIS DI BLOGGER BLOGSPOT

Tutorial pembuatan blog ini menggunakan blogspot (blogger) sebagai tempat pembuatannya. Sebelum kita belajar membuat blog, kita harus mempunyai satu alamat e-mail yang masih aktif. Karena kita membuat blog di blogspot, maka sebaiknya kita memiliki satu alamat e-mail di gmail. Jika sudah memiliki e-mail, dan tidak tahu bagaimana cara harus memulai membuat sebuah blog langsung saja liat tutorialnya pada bagian membuat blog dibawah ini.


Cara Membuat E-Mail di GMAIL


 1. Masuk ke www.gmail.com




2. Pilih Buat akun ke Gmail untuk mendaftar, kemudian isi formulir yang tersedia dengan lengkap.




3. Jika sudah selesai mengisi formulir, silakan klik tombol "Langkah berikutnya" ada terletak di kanan bagian bawah yang berwarna biru.




Setelah itu, maka akan tampil halaman baru yang bertuliskan "Selamat Datang ..." Titik-titik disitu tertulis nama kamu yang sudah kamu daftarkan untuk membuat akun e-mail Gmail tersebut. Kemudian, lanjutkan lagi dengan mengklik tombol " Lanjukan ke Gmail ".




4. Jika Muncul tampilan seperti di bawah ini, berarti Anda sudah berhasil membuat e-mail di Gmail. Selamat! :)




5. Silakan Sign Out kalau sudah selesai melihat e-mail.



Berikutnya...


Cara Membuat Blog di Blogspot


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat blog di blogspot diantaranya dengan masuk ke www.blogspot.com atau langsung masuk melalui google ( khusus bagi yang mempunyai alamat e-mail di gmail ).


1. Masuk ke www.blogspot.com




2. Langsung masuk dengan alamat Gmail Anda tadi yang barusan dibuat atau jika tadi sudah Sing Out waktu di e-mail, ketikan kembali alamat dan password lalu klik masuk.


3. Sampailah Anda pada halaman ke dua blogger. Terus pilih penampakan pofil Anda. Ingin menggunakan profil google plus atau profil blogger. Jika ingin menggunakan penampakan profil blogger klik tulisan " Alihkan ke profil Blogger terbatas ". Jika tidak dirubah, maka Anda menggunakan penampakan profil google plus nantinya. Setelah itu lanjutkan dengan mengklik tombol " Lanjutkan ke Blogger ". Liat contohnya pada gambar dibawah :



Sampai pada halaman berikutnya, Anda diminta untuk menambahkan foto profil. Langkah ini bisa kita lakukan nanti setelah proses buat blog selesai. Tapi jika Anda ingin merubahnya sekarang tinggal klik saja tombol merah yang bertuliskan " Tambahkan foto profil ". Jika tidak silahkan klik tombol " Langkah berikutnya " (Halaman ini muncul jika akun Gmail google yang kita punya belum ada foto atau gambar rupa diri kita ). Jika sudah ada foto profil maka langsung praktekkan langkah no. 4 dibawah.

 


4. Lalu yang berikutnya yaitu klik tombol " Blog Baru " yang disampingnya ada keterangan " Ciptakan Blog Anda ". Liat contohnya pada gambar dibawah :




5. Setelah itu Anda diminta untuk ( Menuliskan Judul Blog, Alamat Blog, dan Pilihan Template atau Tampilan Blog Anda ) lalu Tekan Buat Blog.



 Contohnya seperti dibawah ini :




Tip dalam pemberian nama suatu blog haruslah tepat jangan asal-asalan. Karena nama blog harus dapat menggambarkan blog secara keseluruhan dan juga buatlah nama blog yang mudah diingat dan jangan terlalu banyak modifikasi ejaan.


6. Jika sudah keluar tampilan berikut, berarti Anda sudah berhasil membuat blog. Selamat! :)




Untuk mulai menulis, silahkan klik tombol kotak orange yang bergambar pensil. Apabila Anda sudah selesai menulis langsung saja klik tombol " Publikasikan ". Jika ragu dan ingin mengkoreksi silahkan klik tombol " Pratinjau ". Dan yang terakhir adalah melihat tulisan Anda dan tampilan blog Anda dengan menekan tulisan " Lihat Blog ".
 
 
Selamat Berkarya ^_^

0 komentar:

Posting Komentar