WELCOME !! Thanks for coming to my blog (≧∀≦) Enjoy your reading here and don't forget to leave your comments if there is something to say but DON'T SPAM !! Thanks for the attention. Have A Nice Day! (ʃƪ˘˘ﻬ) ~♥ Salam Blogger ♪☆\(^0^\) ♪(/^-^)/☆♪
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Jumat, 18 Januari 2013

Info Sehat : 20 BUAH BUAHAN YANG BERMANFAAT

1. BUAH KESEMEK

Kesemek bisa dikatakan sebagai buah yang paling sial sedunia karena sering menjadi bahan olokan. Dalam satu butir buah kesemek mengandung 19,6 % karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa 0,7 % protein, vitamin A dan kalium. Setiap 100 gram kesemek mengandung energi 88 kal, karbohidrat 15 gram, kalsium 6 mg, fosfor 26 mg, retinol 813 mcg dan asam askorbat 20 mg. Beberapa manfaat kesemek lainnya adalah untuk menyehatkan paru-paru, menguatkan limpa, dan tentu saja, menghilangkan rasa haus. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar atau dapat diolah sebagai campuran kudapan. Namun yang terpenting, pada saat memetik atau membelinya, pilih yang warna kulitnya sudah berubah menjadi kuning.


2. BUAH KIWI

Buah kiwi yang berasal dari China namun lebih banyak dihasilkan di Selandia Baru ini, memiliki nama kimia Actinidia deliciosa. Kandungan yang terdapat dalam buah kiwi yaitu, serat, Vitamin C, Vitamin E, Potasium, Asam Folat, Carotenoid, Kalsium, Fosfor, Magnesuim, Selenium, Tembaga, Zat Besi, Seng, antioksidan, Glicaemik Index (GI), Lemak dan Kolesterol yang rendah. Manfaat buah kiwi diantaranya, dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena banyak mengandung vitamin dan mineral, mencegah cacat tulang belakang pada bayi, mendorong perkembangan otak dan kognitif anak-anak, menjaga kondisi tekanan darah dan kesehatan jantung, menjaga sistem pencernaan dan kesehatan pengelihatan, yang biasanya menurun karena faktor usia.


3. BUAH DUKU

Buah duku yang memiliki nama kimia Lansium Domesticum Corr berasal dari tanaman berkayu yang hidup menahun. Setiap 100 gram buah duku mengandung kalori 70 kal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis. Mengandung dietary fiber atau serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.
  

4.  BUAH CEREMAI

Buah ceremai yang memiliki nama ilmiah Phyllanthus acidus, biasanya ceremai banyak ditanam orang di halaman rumah atau di ladang. Ceremai dapat dimakan segar dengan dicampur gula, garam atau dirujak. Ceremai juga kerap dibuat manisan, direbus (disetup) atau dibuat minuman penyegar. Daun mudanya dapat digunakan sebagai lalap. Selain itu, minum air rebusan daun ceremai bisa untuk melangsingkan badan. Ramuan ini bekerja kuat, jangan mengkonsumsi dalam jangka waktu lama karena efek dari kandungan daun ceremai bekerja sangat kuat. Gunakan sesekali saja.


5.  BUAH DURIAN

Buah durian memiliki manfaat mineral alamiah yang mudah dicerna oleh tubuh kita. Durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.


6. BUAH PERSIK

Buah persik kaya akan vitamin A, E, C, dan berbagai mineral. Buah persik juga banyak memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan dapat membantu saluran pencernaan dan merangsang sekresi kandung empedu. Yang tak kalah pentingnya, buah persik ternyata bisa mengobati penyakit pertusis (batuk rejan). Batuk rejan disebut juga dengan batuk gonggong karena suara batuknya diiringi suara gonggong atau suara melengking.


7. BUAH POHON AREN

Buah pohon aren (Arenga Pinnata) yang biasa dikenal dengan kolang-kaling ternyata tak cuma menyegarkan karena mengandung banyak air, tetapi juga mengandung protein, karbohidrat, dan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Kadar air kolang-kaling mencapai 93,8 setiap 100 gram. Buah yang dalam bahasa Belanda disebut glibbertjes ini juga mengandung 0,69 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta serat 0,95 gram. Kandungan itulah yang membuat orang yang mengonsumsi kolang-kaling cepat merasa kenyang, nafsu makan pun menjadi menurun. Untuk itu, kolang-kaling cocok untuk orang yang sedang menjalani diet. Kandungan air dan serat pada kolang kaling juga bisa menyegarkan tubuh, serta memperlancar metabolisme tubuh. Buah mungil dari pohon aren ini kerap hadir dan akrab di meja makan kita saat bulan Ramadhan tiba, terutama pada saat berbuka puasa. Ditinjau dari sudut gizi, buah bertekstur kenyal dan berwarna putih bening ini sebetulnya tidak memiliki kandungan nutrisi yang hebat. Namun demikian, bukan berarti ia tidak bermanfaat sama sekali. Setidaknya, jika dimakan tanpa banyak menggunakan gula, kolang-kaling dapat memperlancar kerja saluran cerna, sehingga secara tidak langsung juga akan melancarkan buang air besar (BAB).


8. BUAH KURMA

Menurut pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University, Dr. Louis Tobian Jr., kurma dapat menurunkan tekanan darah serta bisa memberi kekuatan tambahan untuk mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang. Keunggulan lainnya, kurma mengandung berbagai vitamin penting, seperti vitamin A dan riboflavin dalam jumlah yang cukup, serta niasin dan kalium dalam jumlah yang banyak. Selain itu, buah ini juga memuat zat besi, vitamin B1, serta asam nikotinat yang berfungsi membantu melepaskan energi dan menjaga kulit serta syaraf agar tetap sehat. Beberapa khasiat kurma lainnya adalah: menjaga kesehatan jantung dan menyembuhkan batuk apabila dikonsumsi dalam bentuk jus karena zat gula yang terkandung di dalamnya mampu menghilangkan gatal-gatal di tenggorokan sekaligus menghentikan batuk.


9. BUAH JAMBU BIJI

Jambu biji yang bernama latin psidium guajava tersebar meluar sampai ke Asia Tenggara melalui Indonesia, sampai Asia Selatan, India, dan Srilangka. Warna buahnya yang merah (itu sebabnya buah ini disebut juga buah Jambu Biji Merah) memang cukup memikat. Rasanya juga manis. Bisa dibuat jus atau dimakan langsung sebagai buah pencuci mulut. Di dalamnya terkandung tanin, kalori, vitamin A, B1, C, kalori, kalsium, fosfor, zat besi, protein, dan air. Salah satu khasiat dari buah jambu biji merah yang cukup populer adalah untuk menambah kadar trombosit darah penderita demam berdarah. Bahkan, sejak zaman dulu orang sudah memanfaatkan buah ini untuk menjaga kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang cukup banyak.


10. BUAH MELON

Buah melon merupakan buah yang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Beberapa vitamin dan mineral yang dikandung melon di antaranya protein, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan mineral ini mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada organ lambung. Ia juga mampu menyembuhkan sembelit. Selain itu, kandungan antikoagulan yang disebut adenosine mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat memicu timbulnya penyakit stroke atau jantung. Sedang kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah kanker dan juga menurunkan resiko serangan kanker paru-paru. Selain bervitamin dan enak dimakan, buah melon memiliki daya diuretik yang sangat baik sehingga bisa menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika dikombinasikan dengan buah lemon, maka melon dapat menumpas asam urat.


11. BUAH MANGGA
Setiap orang pasti mengenal buah mangga, mangga segar mengandung air sekitar 82%, vitamin C, dan energi atau kalori, Kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12%, namun jenis mangga manis dapat mencapai 16-18%. Selain rasanya yang manis dan segar, buah mangga ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Misalnya saja dapat menyembuhkan penyakit influenza, menambah nafsu makan, menyembuhkan luka pada kulit, radang tenggorokan atau batuk, dan banyak penyakit lainnya. Ini disebabkan kandungan zat-zat di dalamnya yang bagus untuk tubuh. Termasuk vitamin A, C, dan E yang bagus untuk keremajaan kulit dan mencegah kanker. Selain buah yang manis yang banyak manfaat, kulit mangga juga dapat untuk mengatasi pendarahan pada waktu haid yang berlebihan. Caranya, ambil kulit mangga yang masih hijau warnanya, lalu goreng dalam minyak yang panas. Setelah dingin, makan. Lakukan sesuai kebutuhan.


12. BUAH LENGKENG

Daging buah lengkeng mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari senyawa-senyawa fitokimia ini memiliki berbagai manfaat, di antaranya adalah mengendurkan syaraf. Oleh sebab itu buah lengkeng memberikan efek penenang dan berkhasiat mengatasi gelisah, susah tidur. Selain itu bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung berdebar keras. Buah lengkeng sangat baik dikomsumsi oleh orang-orang yang dalam pemilihan stamina sehabis sakit karena dapat memperkuat limpah, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsuh makan dan menambah tenaga.


13. BUAH MANGGIS

Buah manggis mengandung catechins yang terbukti lebih efektif dan lebih berdaya guna dibandingkan vitamin C atau vitamin E dalam melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Dokter Frederc Templeman yang menulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution” menyarankan mengkonsumsi buah manggis setiap hari sebagai makanan suplemen, akan mendapatkan zat antioksidan lebih banyak dibandingkan suplemen manapun yang ditawarkan dalam obat-obatan. Selain itu kandungan alpha-mangostin dan gamma-maostin pada buah manggis juga bersifat sebagai antibakteri. Alpha-magodtin juga diketahui mempunyai efektivitas yang sama baiknya dengan antibiotika yang berada di pasaran seperti amphicillin dan minocycline. Buah manggis memiliki kandungan zat xanthones yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang mematikan seperti kanker, diabetes, jantung, arthritis, alzheimer, dan lainnya. Zat xanthones yang di hasilkan manggis dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan peradangan, seperti artritis dan alzheimer (merupakan salah satu penyakit disfungsi otak). Selain itu xanthone juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kulit buah manggis juga multi khasiat yaitu antikanker, antioksi dan mujarab mengatasi jantung koroner, HIV, dan sebagainya. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak tersebut juga bersifat apotosis penghancur sel kanker. Kandungan zat xanthone yang terdapat padanya mampu merawat beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru dan sebagainya. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, leukimia, antiinflamasi, dan antidiare.


14. BUAH BELIMBING

Buah Belimbing Manis bernama latin Averrhoa Carambola ini tentu tak asing lagi bagi kita. Buah asal India atau Srilangka ini tak hanya dibudidayakan di wilayah Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, dan Filipina, namun juga dikenal di negara-negara beriklim sub tropis lain, seperti Amerika dan Australia. Buah belimbing manis memiliki khasiat sebagai antipiretik dan ekspektoran, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak-anak. Buahnya yang mengandung banyak vitamin C memiliki manfaat sebagai antiinflasi, analgesik, dan diuretik, sehingga baik untuk penyembuhan batuk, sariawan, sakit tenggorokan, mengatasi demam, hingga mengatasi masalah kencing manis, dan kolesterol. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi penderita penyakit kanker. Akar belimbing manis juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri persendian. Sedangkan daunnya dapat digunakan untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah, dan bisul. Meski banyak memberi manfaat, bagi penderita penyakit ginjal harus berhati-hati dengan buah ini karena ia mengandung banyak asam oxalic yang berbahaya bagi mereka.


15. BUAH APEL

Apel adalah salah satu buah yang mudah ditemui di berbagai belahan penjuru dunia. Diperkirakan ada kurang lebih tujuh ribu jenis buah apel di seluruh dunia. Satu porsi buah apel banyak mengandung kalium, pektin, dan selulosa. Kalium merupakan mineral yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah. Menurut penelitian, satu porsi buah apel mampu menurunkan resiko terkena stroke hingga 40%. Selain itu juga rasa renyah apel dapat membantu melepaskan bahan-bahan yang lengket di gigi, sekaligus memicu pengeluaran air liur, sehingga mampu membersihkan gigi.


16. BUAH  BISBUL

Buah bisbul (Diospyros blancoi A. DC) dikenal juga sebagai Velvet Apple (Inggris) atau Buah Mentega. Ia merupakan buah yang awalnya hidup liar di hutan-hutan Filipina, namun kini telah menyebar di berbagai negeri tropis, termasuk Indonesia, terutama di Bogor, Jawa Barat. Bentuknya bulat gepeng, dengan besar kira-kira 5-12 cm x 8-10 cm dan berbulu halus seperti beledru. Buah ini termasuk dalam keluarga eboni (suku Ebenaceae) dan berkerabat dengan buah kesemek dan kayu hitam. Tak heran jika di negeri asalnya ia dipanggil Buah Mabolo atau Buah Berbulu. Buah bisbul berwarna agak unik. Awalnya cokelat kemerahan lalu berubah menjadi merah terang dan terakhir menjadi agak kusam jika sudah matang. Sedangkan daging buahnya sendiri berwarna keputihan, kering, agak keras, dan padat. Rasanya manis agak sepat dan berbaus keras, hampir menyerupai bau keju dan durian. Setiap butir buah mengandung hingga 10 biji butir yang berbentuk baji dan berukuran hingga 4 x 2.5 x 1.5 cm. Buah bisbul umumnya dimakan dalam keadaan segar jika sudah matang. Daging buahnya juga dapat diris-iris dan dicampur dengan buah-buahan lain untuk dijadikan rujak. Setiap 100 gram buah bisbul mengandung 2,8 gram protein, 0,2 gram lemak, 11,8 gram karbohidrat, 1,8 gram serat, 46 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg zat besi, vitamin A, vitamin C, tiamin, roblavin, dan energi. Dengan kandungan seratnya yang tinggi, maka bisbul bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki saluran pencernaan, menghaluskan kulit, menjaga kesehatan mata, dan mencegah sembelit.


17. BUAH  BLUEBERRY

Buah blueberry (Vaccinum corymbosum) yang banyak tumbuh di musim panas di Amerika Utara seperti semak, sedangkan untuk di Indonesia sendiri masih jarang kita jumpai, namun berbagai olahannya bisa ditemukan di berbagai gerai minuman dan es krim. Buah ini banyak mengandung potassium yang bermanfaat, diantaranya mengontrol tekanan darah bagi penderita hipertensi, mencegah berkembangnya kerusakan, mencegah berkembangnya kerusakan vaskular ginjal, glomerulus, dan tubulus, menurunkan resiko stroke, menurunkan ekskresi kalsium urin dan menurunkan pembentukan batu ginjal, menurunkan demineralisasi tulang (osteoporosis), menurunkan resiko aritmia ventrikular pada pasien dengan iskemia jantung, gagal jantung, dan hipertrofi ventrikel kanan. Ia juga mengandung unsur kimia mangan yang merupakan zat anti peradangan dimana secara tidak langsung akan melancarkan aliran darah kita dan meningkatkan kapasitas daya ingat. Seperti diungkapkan Jeremy Spencer dari Departemen Dinas Makanan Biosains, Inggris, yang dilansir oleh BBC, “Riset kami membuktikan bahwa blueberry sangat baik bagi Anda dan dapat meningkatkan kapasitas memori”.

Beberapa manfaat lain dari bluberry :

- Menjaga zat nitrit oksida yang membuat dinding arteri tetap fleksibel sehingga mencegah terjadinya penyakit jantung.
- Menurunkan kolesterol dan melindungi hati berkat unsur ciprofibrate yang terkandung di dalamnya.
- Meningkatkan zat pembentuk darah yang sangat baik bagi wanita berkat kandungan zat besinya.
- Anti-Oksidan (kandungan senyawa anthocyanin) yang dapat mencegah penuaan.
Selain buahnya, akar dan daun blueberry ternyata juga sama saktinya. Apabila diolah menjadi teh, akar pohon blueberry dapat membantu mengurangi rasa sakit pada saat melahirkan dan memberikan efek relaksasi. Sedangkan daunnya, apabila direbus dan diminum, dapat menjadi tonik penambah darah untuk memurnikan tubuh serta meredakan batuk.


18. BUAH JAMBU AIR

Kandungan Jambu air mengandung banyak vitamin dan juga dapat berfungsi untuk mempercantik kulit. Manfaat Jambu Air untuk ibu hamil juga sangat bermanfaat bila dikonsumsi oleh ibu hamil karena Angka kecukupan gizi vitamin A pada ibu hamil membutuhkan sebesar 3.500 Si. Konsumsi minimal 1 kg jambu air setiap hari dapat membantu asupan vitamin A dalam tubuh ibu hamil.

19. BUAH  PEPAYA
Buah pepaya ternyata memiliki banyak kandungan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Bukan hanya buahnya saja yang dapat dimanfaatkan, namun hampir dari seluruh bagian dari pohon pepaya dapat dimanfaaatkan. Mulai dari akar, batang, daun, buah, kulit pohon, bahkan getahnya mempunyai khasiat yang berguna bagi tubuh. Buah pepaya juga kaya akan kandungan penting seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, dan serat.

Manfaat buah pepaya :

- Obat pencernaan, enzim pengurai protein pepaya, dapat membanru pencernaan dalam tubuh. Selain membantu pengeluaran dalam saluran usus dan pankreas, pepaya juga mengurangi getah lambung dan mengurai protein serta pati. Sehingga setelah mengonsumsi buah ini, sistem pencernaan tubuh akan semakin baik.
- Antibodi, pepaya mengandung karoten dan vitaminC. dengan dua zat tersebut, pepaya berkemampuan sebagai antioksidan dalam tubuh. Selain itu, pepaya dapat memperbaiki jaringan dan menetralisir racun yang masuk. Sehingga dapat mencegah dan mengobati beberapa virus akut seperti pneumonia atau radang paru-paru.
- Obat luka bakar, getah buah pepaya mampu membunuh bakteri dalam luka bakar. Sehingga, kandungan zat asam atau nitrogen akibat perkembangbiakan bakteri dapat dihambat. Jadi dapat mempercepat proses pemulihan luka yang kita alami.
- Mengencangkan payudara, buah pepaya sejak dulu oleh nenek moyang kita dipercaya sebagai buah yang dapat mengencangkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang dan kenyal. Pepaya juga diperkaya dengan hormn pengencang serta vitamin A yang merangsang indung telur mengeluarkan hormon betina. Dari hormon tersebut, kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara semakin ideal.
- Pelangsing tubuh, pepaya juga berkhasiat menguruskan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Enzim tersebutlah yang berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim ini juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan daging berlebih.
- Awet muda, kadar vitamin C dalam pepaya adalah 48 kali lipat dari buah apel. Pepaya juga aktif sebagai detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit. Buah pepaya juga melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul di pori-pori, sehinggakulit lebih kencang dan cerah. Oleh karena itu mulai sekarang rajin-rajinlah membuat masker dari buah pepaya.

20. BUAH LABU

Labu atau waluh merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat. Dalam 100 gram labu kuning mengandung 34 kalori, Lemak 0,8, 45 miligram Kalsium, 0,8 Mineral, Serat, Vitamin C, Vitamin A, Saponin yang Menjadi sumber anti-bakteri dan anti-virus, Flavanoid yang dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, dan Tanin, sebagai pengikat protein dan sebagai pelindung protein dari degradasi mikroba rumen. Selain itu, untuk yang menderita cacingan, dapat memanfaatkan 10 gram biji labu segar disangrai lalu ditumbuk sampai halus, diseduh dengan air panas/hangat, kemudian dsaring dan diminum sekaligus sebelum tidur. (*BS)

~ Semoga bermanfaat ~

44 komentar:

  1. Terimakasih banyak gan sudah berbagi pengetahuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-Sama Gan..!! Terima Kasih juga sudah berkunjung ke blog saya :-)

      Hapus
  2. ternyata buah kesemek juga bermanfaat yah buat kesehatan ..
    thanks yah udah share

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu dong.. Iya,, sama-sama mbak.. Terima Kasih juga sudah berkunjung ke blog saya. Maaf baru sempat saya replay commentnya :-)

      Hapus
  3. buah-buahan yang telah disebutkan diatas membuat ngiler

    BalasHapus
  4. saya paling suka sama buah lengkeng sama mangga heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. wahh,, selera kita sama.. saya juga suka mangga :-)

      Hapus
  5. duh seger bener liatnya jd pengen makaaaaan

    BalasHapus
  6. wah bagus sekali manfaatnya ya.. terimakasih untuk artikelnya, pembahasan yang cukup menarik

    BalasHapus
  7. obat herbal kista

    Aku memahami hal itu dengan utuh. Itulah mengapa aku tidak memaksamu melupakan masa lalumu.

    BalasHapus
  8. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    BalasHapus
  9. bagus sekali info info yang di tampilkan oleh blog ini
    terimakasih atas info nya

    BalasHapus
  10. senang sekali berkunjung ke blog ini banyak artikel yang sangat bermanfaat lanjutkan terus karya karya yang lain nya gan

    BalasHapus
  11. good artikel...sangat bermanfaat...thanks

    BalasHapus
  12. Trimakasih Info Sehatnya.. sangat bermanfaat.... ditunggu update2 selanjutnya.. salam dari Jogja

    BalasHapus
  13. artikelnya keren gan di tunggu yang terbaru

    BalasHapus
  14. di tunggu informasi selanjutnya terimakasih

    BalasHapus
  15. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi-informasi selanjutnya

    BalasHapus
  16. Sangat bermanfaat, terimakasih infonya

    BalasHapus
  17. saya suka sekali info yang ada di blog ini
    terimakasih gan

    BalasHapus
  18. saya suka sekali dengan artokelnya terima kasih

    BalasHapus
  19. Ternyata baru tahu, buah aren yaitu kolang kaling ya?

    BalasHapus
  20. Suka semua buah yang ada diatas...
    Apalagi durian,dan ternyata saya dapat info baru tentang durian yang sebelum/sesudah nya diusahakan minum air putih yang banyak.

    BalasHapus
  21. Informasi nya nambah ilmu buat aku..
    Tapi,buah bisbul itu yang mana ya ?

    BalasHapus
  22. informasinya menarik jadi harus mulai belajar suka makan buah

    BalasHapus
  23. makasih infonya,, biar suamik ga makan mangga mulu.. wkwkwk

    BalasHapus