WELCOME !! Thanks for coming to my blog (≧∀≦) Enjoy your reading here and don't forget to leave your comments if there is something to say but DON'T SPAM !! Thanks for the attention. Have A Nice Day! (ʃƪ˘˘ﻬ) ~♥ Salam Blogger ♪☆\(^0^\) ♪(/^-^)/☆♪
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sabtu, 26 Januari 2013

Info Sehat : TANAMAN RIMBANG YANG BERMANFAAT

Tanaman Rimbang
Rimbang, atau terkadang disebut takokak merupakan salah satu tanaman yang memiliki khasiat cukup tinggi, tetapi kebanyakan masyarakat tidak mengetahuinya. Dijaman sekarang ini, dengan umur yang masih muda anak-anak sudah mengalami gangguan mata. Bisa dilihat banyak sekali anak-anak yang memakai alat bantu kacamata akibat pengaruh teknologi seperti televisi dan komputer.

Bagaimana untuk mengatasinya..?

Kita dapat menemukan obatnya dipasar. Buah rimbang banyak sekali di jual dipasar biasanya dipasar tradisional. Cukup dengan mencucinya dan makan mentah-mentah sebanyak 5 butir per hari, lama kelamaan mata Anda akan membaik. Sebab rimbang sangat kaya akan vitamin A yang sehat untuk mata, selain itu rimbang juga mengandung vitamin C.

Rimbang adalah buah dari tanaman dikampung yang biasanya digunakan untuk campuran dari sayuran, biasanya rimbang ini ditumbuk bersamaan dengan daun ubi, dan rasanya "Mak Nyos", mungkin tidak biasa bagi teman-teman yang tidak berasal dari toba, akan tetapi bagi teman-teman yang sempat mencicipi bagaimana enaknya disebuah desa didaerah toba pasti pernah memakan rimbang ini didalam masakan sayur mayurnya setiap hari.

Tetapi tanaman ini tidak begitu diketahui khasiatnya oleh masyarakat lainnya. Apalagi, orang-orang cenderung tidak suka karena rasanya sangat pahit. Kalau kamu tidak suka karena terlalu pahit, kamu bisa mencampurkan rimbang kemakanan lainnya seperti sup, taucho, sambel dan lainnya. Tetapi tetap saja rimbang yang mentah memiliki khasiat yang lebih. Cucilah terlebih dahulu sebelum memakan yang mentah.

Rimbang dapat ditanam baik didataran rendah maupun dataran tinggi. Penanamannya lebih baik dilakukan pada musim kemarau, tetapi pada musim penghujan, rimbang masih dapat tumbuh dengan baik.

Selain mengobati mata dan memperjelas penglihatan, rimbang juga dapat digunakan sebagai antioksida, mengobati kepala pusing, mengatasi kurangnya napsu makan, mengatasi tekanan darah tinggi, dan melancarkan sirkulasi darah. (BS*)

9 komentar:

  1. artikelnya bagus,terimakasih atas informasinya
    izin share gan_

    BalasHapus
  2. makasih kak informasinya sangat bermanfaat...... cocok banget untuk anak-anak jaman sekarang.... karena sekarang anak kecil udah pada main hp.... jadinya kebanyakan matanya minus....

    BalasHapus
  3. Saya baru tau ternyata rimbang manfaatnya banyak banget.. bisa untuk mengobati mata, untuk menambah nafsu makan, sebagai antioksida, melancarkan sirkulasi darah, mengobati pusing kepala, dan juga rimbang ini ternyata bisa mengatasi darah tinggi... terimakasih sudah share ilmu ini kak... bermanfaat sekali untuk saya... selain menambah wawasan juga bisa saya kasih tau ke orang-orang terdekat saya yang punya sakit seperti yang di sebutkan itu...
    semoga ilmu ini bisa menjadi amal jariyah untuk kakak.. aamiin

    BalasHapus
  4. ternyata rimbang juga bisa dicampurkan ke sup.. boleh di coba nih

    BalasHapus