WELCOME !! Thanks for coming to my blog (≧∀≦) Enjoy your reading here and don't forget to leave your comments if there is something to say but DON'T SPAM !! Thanks for the attention. Have A Nice Day! (ʃƪ˘˘ﻬ) ~♥ Salam Blogger ♪☆\(^0^\) ♪(/^-^)/☆♪
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Rabu, 13 Februari 2013

Did You Know ? CUPID PEMEGANG PANAH CINTA

Cupid yang sangat mencintai Psyche nggak tega dan datang menolongnya, Psyche tidak cuma tertolong, dia dimaafkan oleh Venus dan diangkat menjadi dewi. Cupid dan Psyche akhirnya bersatu.


Menjelang Valentine, nama Cupid sering banget disebut-sebut. Banyak yang bilang, si Cupid ini yang paling berperan dalam urusan percintaan manusia. Soalnya, kalau panahnya nggak menancap di tempat yang tepat, dua orang nggak bakal jadian.

Selama ini Cupid selalu digambarkan sebagai anak kecil yang memiliki sepasang saya dengan membawa busur dan anak panah. Anak panah ini yang akan terkena panahnya. Makanya, aktu jatuh cinta, kita sering menggambarkan hati yan tertusuk panah. Itu ceritanya panah Cupid.

Penasaran nggak sih sama yang namanya Cupid ini? Pengen tahu kan si Cupid ini sebenarnya siapa? Bener nggak sih dia itu dewa cinta? Memang bikin penasaran! Daripada penasaran ayo kita simak informasinya. Check this out! 

Nama Cupid itu dikenal pada mitologi Romawi. Dia adalah putra Venus. Kalau menurut mitologi Yunani kuno, Cupid dikenal dengan nama Eros bukan Eros Sheila on 7 loh yaa... Dia adalah putra Dewi Aphrodite, dewi cinta dan kecantikan.

Kalau kamu menyangka Cupid itu anak  kecil, kamu salah besar. Memang sih sosok Cupid yang paling populer berwujud anak kecil gemuk dan berwajah menggemaskan.

Tapi sebenarnya Cupid itu berwujud laki-laki dewaasa loh... Memang Cupid beberapa saat berwujud anak kecil.

Waktu itu Ibunya, Venus, datang menemui Themis. Dia mengeluh mengapa putranya, Cupid, nggak kunjung tumbuh  dewasa. Waktu itu, Themis menjawab, itu terjadi karena Cupid kesepian. Dia butuh teman. Dia butuh adik. Nah, nggak lama kemudian, Anteros, adik Cupid, lahir. Benar saja, Cupid tumbuh dewasa dengan sangat cepat.

Sebenarnya, yang paling terkenal dari Cupid adalah kisah cintanya dengan Psyche, yang bukan keturunan dewa, Psyche jelas bukan makhluk abadi. Tapi Psyche cantiiik banget. Banyak orang  yang mengagumi kecantikan Psyche. Venus, ibu Cupid, merasa cemburu. Maklum, dia adalah dewi kecantikan. Masa sih, kalah sama manusia biasa yang nggak abadi?

Dia minta Cupidmenghukumnya. Tapi, Cupid malah jatuh cinta pada Psyche. Mereka menikah. Cuma karena Psyche manusia biasa, dia nggak boleh melihat Cupid. Segalanya baik-baik saja sampai saudara perempuan Psyche membujuknya melihat wajah Cupid. Pas, si cantik Psyche melihat Cupid, dewa cinta itumarah dan menghukumnya dengan meninggalkannya. Bukan cuma Cupid yang pergi, putri merekayang megah pun menghilang.

Psyche yan sangat mencintai Cupid datang ke kuil Venus untuk minta petolongan. Karena pengen menghukum Psyche, Venus memberikan tugas berat. Psyche harus menyampaikan kotak berisi kecantikan kepada istri Pluto. Di perjalanan  yang sangat berat, Psyche tergoda untuk membukanya. Eh, yang diemukan bukan kecantikan, melainkan kutukan.


Cupid yang sangat mencintai Psyche nggak tega dan datang menolongnya. Psyche tidak hanya tertolong, diamalah dimaafkan oleh Venus dan diangkat menjadi dewi. Cupid dan Psyche akhirnya bersatu. Bahkan, punya anak perempuan bernama Pleasure.Nggak nyangka ya si pemegang panah cinta malah punya perjalanan cinta yang berliku. Happy Valentine, ya readers! Semoga panah Cupid selalu menancap di hati kita! :) (*BS)

13 komentar: