WELCOME !! Thanks for coming to my blog (≧∀≦) Enjoy your reading here and don't forget to leave your comments if there is something to say but DON'T SPAM !! Thanks for the attention. Have A Nice Day! (ʃƪ˘˘ﻬ) ~♥ Salam Blogger ♪☆\(^0^\) ♪(/^-^)/☆♪
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Rabu, 14 November 2012

Info Sehat : MANFAAT TELUR, AIR KELAPA MUDA DAN JAGUNG

Manfaat Telur 

Beberapa orang ada yang alergi telur, tetapi untuk Anda yang tidak, bersyukurlah karena butiran telur ini memiliki segudang manfaat. Selain itu sarapan telur mampu membuat Anda kenyang lebih lama. Pada wanita dewasa, mengonsumsi telur memberikan manfaat lebih, yaitu bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara. Dalam sebuah penelitian, wanita yang mengonsumsi sedikitnya 6 butir telur per minggu menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 44%. Selain itu, manfaat kecantikan juga akan didapatkan dari telur tersebut. Telur mengandung vitamin D yang sudah tentu baik untuk kulit. Kandungan sulfur yang tinggi beserta vitamin dan mineral menghasilkan rambut dan kuku yang sehat. Rambut dan kuku akan cepat tumbuh, lebih kuat dan bersinar. 

Dr Carrie Ruxton, ahli diet terdaftar dan ahli gizi kesehatan masyarakat, mengatakan manfaat telur sangat besar hingga wajar bila disebut makanan super. Dengan harga yang sangat terjangkau, para ahli merekomendasikan konsumsi 1-2 butir telur sehari. Walaupun banyak manfaat dari telur, perlu diingat bahwa baik wanita, pria atau anak-anak   sekalipun tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Cukup maksimal dua butir per hari. Makan dua butir telur sehari memenuhi hampir setengah dari kebutuhan vitamin D. Asupan vitamin D yang cukup mencegah penyakit tulang, kanker, jantung, gangguan kekebalan tubuh, dan kesehatan mental.

Dengan porsi tak berlebihan, telur tak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Studi terbaru yang dilakukan British Egg Industry Council, menyimpulkan bahwa konsumsi satu sampai dua telur sehari tak akan memicu masalah kolesterol. Konsumsi telur secara wajar justru memperbaiki metabolisme yang berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu, cara terbaik mengonsumsi telur adalah dengan merebusnya sehingga kita bisa memastikan jumlah telur yang di konsumsi.


Beberapa fakta menarik seputar telur : 


Cegah gangguan penglihatan. 
Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang membantu mencegah macular degeneration, penyebab utama kebutaan. Macular degeneration merupakan gangguan penglihatan di pusat penglihatan (macula) akibat kerusakan retina.

Telur mengandung bakteri salmonella. Karena itu, ada baiknya menghindari produk yang mengandung telur mentah, termasuk milkshake dan adonan kue. Untuk memastikan telur bebas dari bakteri, masaklah di suhu 160 derajat sebelum dikonsumsi.

Kolesterol hanya terdapat dalam kuning telur, bukan di putih telur. 

Telur merupakan sumber yang baik untuk mendapatkan protein, besi, dan seng. Akan tetapi, telur kurang kandungan serat.

Sebutir telur menyediakan 12 persen (6 gram) dari rekomendasi protein harian Anda. 

Noda hijau pada telur yang telah direbus tidak berbahaya dan bukan pertanda keracunan bakteri. 

Semakin segar telur, semakin sulit dikupas. 

Sebutir telur mengandung sekitar 75 kalori. 

Kandungan choline dalam telur berfungsi mendukung perkembangan otak dan memori pada janin serta orang dewasa.

The National Academy of Sciences menganjurkan bahwa perempuan hamil sebaiknya mengonsumsi 450 gram choline per hari. Jumlah ini setara dengan dua butir telur. Satu butir telur, termasuk kuning telur, mengandung sekitar 250 miligram choline.


Untuk mendapatkan kekayaan manfaat telur, kita perlu memperhatikan kondisi telur tersebut sehingga awet dan tidak terkontaminasi bakteri yang akhirnya malah menggangu kesehatan Anda dan keluarga, berikut ini adalah tips agar telur Anda sehat dan baik untuk dikonsumsi :



  • Tips 1. Memilih Telur Yang Baik

Saat ini di pasaran tersedia telur yang sudah di-pasteurisasi. Ini berarti telur tersebut dipanaskan dalam suhu tinggi secara cepat sehingga bakteri salmonela yang mungkin mengontaminasi sudah dihilangkan. 
Teknik pasteurisasi adalah sebuah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme merugikan seperti bakteri, virus, protozoa, kapang, dan khamir. Tidak seperti sterilisasi, pasteurisasi tidak dimaksudkan untuk membunuh seluruh mikroorganisme di makanan. Pasteurisasi bertujuan untuk mencapai “pengurangan log” dalam jumlah organisme, mengurangi jumlah mereka sehingga tidak lagi bisa menyebabkan penyakit (dengan syarat produk yang telah dipasteurisasi didinginkan dan digunakan sebelum tanggal kedaluwarsa). 

Jenis telur ini dapat dipilih jika Anda khawatir dengan kontaminasi bakteri. 
Bila akan menggunakan telur ayam biasa, pilihlah telur yang segar dan kulitnya utuh atau tidak retak.


Ada beberapa tips untuk membedakan telur rusak dengan telur layak pakai : 
  1. Pecahkan telur yang akan diolah, kemudian lihat bagian putih telur. Telur layak makan memiliki warna putih, tetapi bila warnanya berubah merah jambu, telur sudah rusak.
  2. Telur bagus mengeluarkan bau yang khas sementara bau telur yang sudah rusak cenderung tidak sedap karena sudah dipenuhi bakteri.
  3. Pegang telur, lalu timbang-timbang dengan tangan. Bila terasa berat, telur tandanya sudah rusak.
  4. Letakkan telur di atas meja. Putar dengan tangan, bila telur tidak bisa berputar sempurna, tandanya telur sudah rusak.
    •  


  • Tips 2. Cara Menyimpan Telur 

Tempat yang paling baik untuk menyimpan telur adalah di dalam kulkas. Ini karena bakteri salmonela, yang berasal dari kotoran ayam, berkembang biak dengan cepat pada suhu ruangan. Setelah Anda membeli telur segera simpan dalam kulkas dengan suhu yang tepat. 
Sebelum menyimpan telur dalam kulkas, cuci telur dalam air mengalir agar kotoran dan bakteri yang menempel tidak ikut mencemari makanan di kulkas.cara terbaik untuk menyimpan telur di kulkas adalah di karton atau bungkus telur. Simpanlah dalam bagian terdingin dari kulkas Anda dan ini berarti bukan di bagian pintu. Suhu terbaik untuk penyimpanan adalah di bawah lima derajat celsius. Cara penyimpanan ini dilansir oleh Departemen Pertanian Amerika. 

Waktu penyimpanan terbaik untuk telur mentah maksimal adalah tiga sampai lima minggu. 



  • Tips 3. Cara Benar Mengolah Telur


    Telur segar bisa saja mengandung bakteri Salmonella Enteritidis. Infeksi Salmonella dapat berakibat fatal kepada bayi, balita, ibu hamil dan kandungannya serta orang lanjut usia. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh mereka yang menurun. Penyakit yang disebabkan oleh Salmonella disebut salmonellosis. Ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis adalah diare, keram perut, dan demam dalam waktu 8-72 jam setelah memakan makanan yang terkontaminasi oleh Salmonella. Gejala lainnya adalah demam, sakit kepala, mual dan muntah-muntah. Oleh karena itu, pastikan telur yang dikonsumsi sudah dimasak dengan matang. Segera konsumsi telur selagi hangat. Telur yang sudah dibiarkan terlalu lama bisa kehilangan sebagian zat gizinya. (*BS)




    Manfaat Air Kelapa Muda

    Banyak orang yang belum banyak mengetahui tentang manfaat air kelapa muda, selain airnya yang segar diminum ternyata air tersebut juga memberi manfaat sendiri bagi tubuh kita. Selain baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil ternyata ada manfaat lain dari air kelapa ini yaitu untuk proses pencernaan.

    Kandungan air kelapa muda juga sangat baik dalam membantu fungsi pencernaan misalnya saja saat Anda susah buang air besar dan Anda obati menggunakan air kelapa muda dapat membantu memperlancar proses buang air besar. Sebab kandungannya yang dapat mempercepat proses pencernaan ini ternyata juga dapat sebagai obat alternatif bagi ibu hamil yang mengalami pencernaan melambat karena adanya plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung. (*BS)





    Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

    Seperti yang saya kutip dari wikipedia.org Jagung (Zea mays L.)  merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting selain gandum dan padiSebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari bulir), dibuat tepung (dari bulir, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung bulir dan tepung tongkolnya). Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural. Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi.

    Nah, apa manfaat jagung untuk kesehatan? Ada 6 manfaat dari mengkonsumsi jagung yaitu sbb :


    1. Memperbaiki pencernaan
    Jagung memiliki banyak serat yang merupakan keuntungan besar untuk pencernaan. Hal ini dapat mencegah sembelit, wasir, dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.

    2. Kaya mineral
    Lebih dari yang bisa Anda pikirkan, jagung mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang paling penting fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang Anda dari retak karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal.

    3. Merawat kulit
    Jagung juga kaya akan antioksidan, yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda. Selain dikonsumsi sebagai makanan, dapat juga digunakan minyaknya yang merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Tepung jagung juga berguna untuk meredakan iritasi pada kulit.

    4. Mencegah anemia
    Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.

    5. Mengontrol kolesterol
    Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

    6. Penting selama kehamilan.
    Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari dari cacat lainnya.

    Jadi, silahkan konsumsi jagung sebagai makanan Anda. Karena jagung kaya berbagai vitamin, mineral dan serat yang penting, sehingga menurunkan risiko berbagai penyakit dan memasok tubuh Anda dengan nutrisi yang diperlukan untuk hidup sehat! (*BS)

    17 komentar:

    1. artikel nya menarik banget buat d baca makasih

      BalasHapus
    2. wah ini sangat bermanfaat banget postingannya

      BalasHapus
    3. wah bisa dicoba ini semoga jdi manfaat

      BalasHapus
    4. wah gimana ini resepnya supaya bisa bikin artikel seru

      BalasHapus
    5. Saya baru tahu kalau telor itu bermanfaat untuk mencegah masalah penglihatan.

      BalasHapus
    6. Ternyata jagung itu punya bermanfaat mencegah anemia.

      BalasHapus
    7. Untuk masalah pencernaan, ternyata jagung bisa menjadi solusi kita.

      BalasHapus
    8. Jagung ternyata penting buat ibu yang hamil.

      BalasHapus
    9. Jagung ternyata banyak mengandung antioksidan yang mampu mejaga dan merawat kulit kita.

      BalasHapus
    10. ternyata telur juga bermanfaat untuk kecantikan yaa, baru tau saya.... makasih kak informasinya

      BalasHapus
    11. oh ternyata telur yang sulit di kupas itu telur yang segar....

      BalasHapus
    12. Ternyata air kelapa bermanfaat buat wanita hamil dan bagus untuk pencernaan tubuh kita

      BalasHapus