WELCOME !! Thanks for coming to my blog (≧∀≦) Enjoy your reading here and don't forget to leave your comments if there is something to say but DON'T SPAM !! Thanks for the attention. Have A Nice Day! (ʃƪ˘˘ﻬ) ~♥ Salam Blogger ♪☆\(^0^\) ♪(/^-^)/☆♪
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Rabu, 14 November 2012

Tips : MENGATASI INSOMNIA

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Dan hal ini terjadi secara terus menerus. Diperikirakan 1 dari 3 orang pernah mengalami ini. Dan saya sendiri termasuk  salah satu diantara mereka.


Ada 3 jenis insomnia lohh...


Meskipun ada beberapa derajat insomnia yang berbeda, tiga jenis insomnia telah diidentifikasi dengan jelas : sementara, akut, dan kronis. Mari kita lihat pejelasan dari masing-masing jenisnya :

  1. Insomnia sementara berlangsung dari hari ke minggu. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan lain, dengan perubahan lingkungan tidur, dengan waktu tidur, depresi berat, atau oleh stres. Konsekuensinya - kantuk dan kinerja psikomotor terganggu - sama dengan yang kurang tidur.
  2. Insomnia akut adalah ketidakmampuan untuk secara konsisten tidur dengan baik untuk jangka waktu antara tiga minggu sampai enam bulan.
  3. Insomnia kronis berlangsung selama bertahun-tahun pada suatu waktu. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan lain, atau dapat menjadi gangguan utama. Efeknya bisa bervariasi sesuai dengan penyebabnya. Mereka mungkin termasuk kantuk, kelelahan otot, halusinasi, dan atau kelelahan mental, tetapi orang dengan insomnia kronis sering menunjukkan peningkatan kewaspadaan. Beberapa orang yang hidup dengan gangguan ini melihat hal-hal seolah-olah mereka sedang terjadi dalam gerakan lambat, dimana objek bergerak tampaknya untuk berbaur bersama-sama. Bisa menyebabkan penglihatan ganda.

Berikut beberapa penyebab insomnia adalah sebagai berikut :

  • Masalah psikis yang terganggu. Walaupun dapat menyerang semua usia tapi kebanyakan meningkat seiring usia. Ini mungkin dikarenakan semakin bertambah tua biasanya orang bertambah stres.
  • Memiliki penyakit yang memang dapat mengganggu tubuh seperti asma, demam dll.
  • Lingkungan tempat tinggal yang memang menganggu. (tetangga ribut, lampu menyala)
  • Mempunyai kebiasaan buruk seperti minuman keras, kopi menjelang tidur dsb.
  • Menggunakan ranjang untuk kegiatan lain seperti bekerja, membaca buku. Gunakan ranjang hanya untuk tidur. Supaya kalau tidur bawaannya ya ngantuk bukannya insomnia.
  • Dan ada sebuah kabar burung bahwa wanita lebih rentan terkena penyakit insomnia ini dibanding pria.

Selain itu... makanan yang kita makan sehari-hari juga dapat memicu terjadinya kesulitan tidur atau insomnia. Makanan apa sajakah itu yang dimaksud berikut keterangannya yang saya dapatkan dari  situs femia.co.id :

  1. Makanan yang banyak mengandung gula sederhana (gula pasir dan gula merah). Jenis makanan ini meningkatkan kadar gula darah sehingga energi pun meningkat. Akibatnya, Anda jadi sulit tidur. 
  2. Daging atau makanan berprotein tinggi juga dapat mengganggu tidur. Protein menghambat proses sintesis serotonin sehingga Anda terjaga lebih lama.
  3. Rokok dan tembakau. Kelihatannya, merokok bisa membuat Anda lebih relaks, namun sebenarnya nikotin merupakan neurostimulant yang menyebabkan Anda susah tidur. 
  4. Minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan soda, karena juga bersifat stimulan.
  5. MSG (monosodium glutamate) yang sering ditemukan dalam hidangan Cina. Zat ini menimbulkan reaksi stimulan bagi beberapa orang. 
  6. Terong, kentang, tomat, dan bayam juga sebaiknya dihindari karena mengandung tyramine yang meningkatkan terbentuknya zat norepinephrine, stimulan otak.

Nah, sudah paham tentang apa itu insomnia, sekarang kita akan bahas cara untuk mengatasinya.


Untuk mengatasinya cobalah beberapa tips dibawah ini :

  1. Hindari kafein dalam segala bentuk setelah makan siang (kopi, teh, coklat, cola dan beberapa minuman ringan lainnya yang mengandung stimulan ini, begitu pula obat-obatan yang dijual bebas atau harus ditebus dengan resep dokter, periksalah label komposisinya). Ini adalah hal terakhir yang dibutuhkan olah imsomniak sukar tidur.
  2. Jangan tidur siang, betapapun ngantuknya Anda. (tidur siang mengurangi kwalitas tidur malam)
  3. Mandilah yang lama dan senyaman mungkin dengan air hangat sebelum berangkat tidur. (cara ini dapat menurunkan ketegangan otot-otot tubuh, sehingga Anda dapat rilek betul sebelum tidur).
  4. Bacalah buku atau lakukan sesuatu secara berulang-ulang aktivitas Anda yang membosankan, seperti menjahit. Cobalah untuk tidak menonton televisi atau mendengarkan radio. Gangguan seperti ini akan meminta perhatian Anda dan menyebabkan terus terjaga.
  5. Aturlah ruang tidur senyaman mungkin. Ciptakan suasana yang tenang dan gelap. Gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar dan jaga suhu ruangan senyaman mungkin (jangan terlalu panas atau dingin).
  6. Hilangkan semua kecemasan ketika tidur. Jangan biarkan diri Anda memikirkan kesalahan yang telah Anda perbuat tadi siang. Sekarang Anda sedang tidak bekerja. Maksudnya adalah mengkaitkan dipan atau kasur dengan tidur.
  7. Menghitung secara perlahan serupa dengan aktivitas hipnotis. Dengan membayangkan citra monoton yang terus menerus, mungkin akan membuat Anda bosan dan akhirnya dapat tidur
  8. Langkah yang tidak kalah pentingnya adalah dengan terapi refleksi yang dapat mengendorkan ketegangan akibat rutinitas dan telah terbukti mampu mengobati imsomnia kronis.

Jika insomnia terus berlanjut tak ada salahnya Anda coba mendatangi ahli psikologis untuk mendapatkan bantuan medis dengan terapi psikologis.

0 komentar:

Posting Komentar